Ade Rezki Pratama Ajak Warga Agam Ikut Vaksinasi Covid-19, Sosialisasikan Alkes dan PKRT

Ade Rezki Pratama Ajak Warga Agam Ikut Vaksinasi Covid-19, Sosialisasikan Alkes dan PKRT

AGAM, Fraksigerindra.id — Anggota DPR RI Komisi IX Ade Rezki Pratama,  terus berupaya mengajak masyarakat Kabupaten Agam, untuk mengikuti vaksinasi covid-19.

Sosialisasi itu disampaikan dalam kegiatan bersama Kementrian Kesehatan terkait komunikasi, informasi dan edukasi keamanan serta mutu produk Alat Kesehatan (alkes) dan Perbekalan Kesehatan Rumah Tangga (PKRT), di aula kantor Wali Nagari Canduang Koto Laweh, Rabu (20/10).

Anggota DPR RI komisi IX, Ade Rezki Pratama, menyampaikan, capaian imunisasi dan vaksinasi di Kabupaten Agam masih tergolong rendah. Maka melalui kegiatan ini, diimbau masyarakat untuk bersedia mengikuti vaksinasi, agar warga dapat sehat dan herd immunity dapat tercapai.

“Pertama tentu bagaimana kesehatan masyarakat yang utama. Makanya kami ajak masyarakat Kabupaten Agam, tanpa terkecuali untuk ikut vaksin. Dengan vaksinasi, dampak atau efek yang disebabkan covid-19 dapat diminimalisir,” jelas Ade.

Selain itu, lanjutnya, tingkat capaian vaksinasi, berpengaruh juga terhadap pembangunan di daerah. Karena pengajuan anggaran ke pemerintah pusat saat ini, dapat diraih jika capaian vaksinasi tinggi.

“Jangan takut divaksin. Dengan telah divaksin, kita bisa bepergian dengan aman, dengan tetap menerapkan prokes. Salah stau keuntungan lainnya, jika ada dunsanak kita yang berniat melaksanakan ibadah umrah atau haji, juga harus vaksin. Sertifikat Vaksin menjadi salah satunl syarat utama untuk melakukan perjalanan itu,” ujar politisi muda dari Partai Gerindra itu.

Terkait kegiatan komunikasi, informasi dan edukasi keamanan serta mutu produk Alat Kesehatan (alkes) dan Perbekalan Kesehatan Rumah Tangga (PKRT), Ade Rezki menyampaikan, pihaknya menghadirkan 15 apoteker untuk memberikan informasi kepada mastarakat. Dimana, warga wajib mengetahui cara penggunaan alkes dan PKRT agar tidak salah dan aman.

Direktorat Penilaian Alat Kesehatan dan Pkrt Direktorat Jenderal Kefarmasian dan Alat Kesehatan Kementerian Kesehatan, Apt. Nurhidayat, S.Si, menjelaskan, pengetahuan terkait penggunaan alkes dan PKRT sangat penting bagi warga.

“Kegiatan Komunikasi, Informasi dan Edukasi Keamanan dan mutu produk alkes dan PKRT, diharapkan bermanfaat bagi masyarakat. informasi yang diperoleh diharapkan juga disampaikan ke keluarga, tetangga dan masyarakat lainnya. Dalam kegiatan sosialisasi juga menghadirkan 15 Apoteker Agent of Change (AoC) SE kab Agam. Pentingnya keamanan penggunaan alkes dan PKRT untuk mengurangi permasalahan yang ada di masyarakat khususnya masa pandemi covid 19,” jelasnya.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat, Arry Yuswadi, mengapresiasi kegiatan anggota komisi IX DPR RI Ade Rezki Pratama yang selalu mendukung program yang berkaitan dengan kesehatan masyarakat. Informasi yang disampaikan pada kegiatan ini, sangat bermanfaat bagi masyarakat, karena semua alkes dan PKRT bermanfaat tetapi juga beresiko untuk penggunanya.

“Sosialisasi ini diharapkan mencerdaskan masyarakat dalam memilih alkes dan PKRT. Alkes atau alat kesehatan adalah intrumen, apparatus, mesin dan atau implan yang tidak mengandung obat yang digunakan untuk mencegah, mendiagnosis, menyembuhkan dan meringankan penyakit merawat orang sakit, memulihkan kesehatan pada manusia, membentuk struktur dan memperbaiki fungsi tubuh,” jelasnya.

Bagikan

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email

Berikan Komentar

Tinggalkan komentar

BERITA TERBARU

BERITA TERKAIT