Dukung Program Padat Karya Pertanian, Endang S Thohari Berikan Bantuan Program Diseminasi Inovasi Teknologi Kambing Boerka

Dukung Program Padat Karya Pertanian, Endang S Thohari Berikan Bantuan Program Diseminasi Inovasi Teknologi Kambing Boerka

BOGOR, Fraksigerindra.id — Anggota DPR RI Komisi IV Fraksi Partai Gerindra  DR. Ir. Hj. Endang Setyawati Thohari, DESS., M.Sc terus melaksanakan kunjungan kerja pada masa reses, sekaligus memberikan bantuan Program Diseminasi Inovasi Teknologi Kambing Boerka untuk mendukung Program Padat Karya Pertanian di Kota Bogor.

Hj. Endang menyampaikan, silahturahmi dan simbolis penyerahan desiminasi Kambing Boerka di Kelurahan Bojongkerta, Bogor Selatan, Kota Bogor ini bertujuan untuk mendiseminasikan teknologi peternakan kambing Boerka kepada petani atau peternak.

Untuk meningkatkan pengetahuan petani atau peternak dalam pemeliharaan ternak kambing dengan baik.

Hj. Endang menyampaikan, bahwa pelaksanaan reses sudah dilaksanakan diberbagai titik di Kota Bogor dan Kabupaten Cianjur.

Saat ini Hj. Endang turun langsung ke Kota Bogor untuk bersilahturahmi sekaligus menyerap aspirasi dan memberikan bantuan kepada kelompok-kelompok tani, kelompok wanita tani (KWT) dan masyarakat di Kota Bogor.

Tutur Hj. Endang, untuk diketahui Kambing Boerka adalah persilangan kambing Boer (Afrika Selatan) dengan kambing kacang (lokal), persilangan kedua bangsa ini menghasilkan kambing Boerka dengan bobot badan yang lebih tinggi dibandingkan dengan kambing lokal dan potensial untuk dikembangkan di Indonesia.

Bobot lahir Boerka sekitar 2,6-2,8 kg, lebih tinggi dari bobot lahir kambing kacang yang berkisar antara 1,6-1,8 kg. Bobot sapih Boerka antara 10-12 kg, sementara Kambing Kacang hanya 6-8 kg.

Hj. Endang menyampaikan, saat ini salah satu yang memberikan nilai tambah devisa negara  adalah dari sektor pertanian atau peternakan.

“Dimana sub sektor Peternakan juga berperan dalam penyediaan gizi protein hewani bagi masyarakat, olehnya sub sektor Peternakan juga menjadi tulang punggung negara di tengah pandemi covid-19,” kata Hj. Endang.

 

Bagikan

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email

Berikan Komentar

Tinggalkan komentar

BERITA TERBARU

BERITA TERKAIT