Salurkan Bantuan, Bambang Haryo Dorong Pemerintah Tetapkan Bencana Nasional Erupsi Semeru

Salurkan Bantuan, Bambang Haryo Dorong Pemerintah Tetapkan Bencana Nasional Erupsi Semeru

LUMAJANG, Fraksigerindra.id —  Ketua Dewan Penasehat DPD Partai Gerindra Jawa Timur, Bambang Haryo Soekartono, bersama dengan rombongan DPC Partai Gerindra Kab. Lumajang dan DPC Gerindra Kota Surabaya, Senin (6/12) mengunjungi posko tanggap bencana meletusnya Gunung Semeru di Lumajang.

Dalam kesempatan itu, Anggota DPR-RI periode 2014-2019 ini menyampaikan rasa keprihatinan dan turut berduka cita yang mendalam atas musibah erupsi Gunung Semeru.

“Semoga korban yang meninggal dunia dalam keadaan husnul khotimah, dan korban yang sekarang di rumah sakit cepat dipulihkan dan disembuhkan. Dan keselamatan diberikan keseluruh warga atau masyarakat yg ada disekitar Gunung Semeru”Kata Bambang Haryo di Posko tanggap Bencana Gunung Semeru, Desa Penanggal.

bhs2

Dilanjutkan, anggota Dewan Pakar DPP Partai Gerindra ini, dirinya selaku pribadi mengirimkan sembako, obat obatan, pakaian layak, biskuit, susu, air mineral dan makanan cepat saji yg saya sampaikan ke pimpinan posko Ibu Amni yg ada di Desa Penangal Kec. Candipuro.

Disamping itu, kata pemilik sapaan akrab BHS ini, tim dari PT. Dharma Lautan Utama juga menyalurkan bantuan untuk korban terdampak di posko pengungsian sebanyak 2 truk yg terdiri dari tandon air, selimut, terpal, matras, sembako.

Dalam penyerahan bantuan tersebut dari PT. Dharma Lautan Utama dihadiri oleh Direktur Utama beserta jajarannya dan saya juga hadir saat itu sebagai Penasehat Utama PT. Dharma Lautan Utama yg diharapkan dapat meringankan apa yg menjadi kesulitan daripada korban yang terdampak.

“Saya harapkan pemerintah pusat dapat membantu pemerintah daerah secara maksimal dan menjadikan bencana ini naik status sebagai bencana nasional, agar penanganan pemerintah pusat mendukung pemerintah daerah dapat maksimal terutama dari proses evakuasi dan mencari korban yg kemungkinan masih hidup tertimbun pasir”Kata BHS, yang juga penasehat utama PT Dharma Lautan Utama (DLU)

Dilanjutkan BHS, pelaksanaan evakuasi harus bisa dimaksimalkan dengan dukungan SARNAS, BNPB, TNI, dan POLRI sehingga kita bisa mengetahui jumlah korban yg sebenarnya, disamping itu pemerintah pusat dan daerah berkolaborasi untuk segera membangun Hunian Sementara (HUNTARA) dalam waktu yang tidak lebih dari dua minggu dengan menggunakan material yang cepat bangun (Sistem Knockdown) dan diharapkan BUMN yang berjumlah sekitar 108 serta BUMD seluruh Jawa Timur bisa mendukung maksimal memulihkan kondisi tersebut dengan membantu secara materiil dan moril.

“Saya amati petugas terapi trauma healing perlu diperbanyak untuk memulihkan mental masyarakat, baik yang ada dipenampungan maupun masyarakat yang masih diperkampungan. Untuk memulihkan mental masyarakat disekitar semeru, agar mereka terutama anak anak tidak mengalami trauma dan ketakutan secara terus menerus. Diharapkan juga perusahaan perusahaan swasta yg ada di Jawa Timur bisa ikut mendukung sperti yg dilakukan oleh PT. Dharma Lautan Utama untuk memulihkan kondisi dampak meletusnya Gunung Semeru di Lumajang dalam minggu ini”Ungkap BHS.

Kita sama sama mendoakan agar masyarakat wilayah sekitar Semeru diberikan keselamatan dan tidak mendapatkan cobaan bencana susulan. Diharapkan juga, seluruh kekuatan Gerindra Jawa Timur dapat ikut membantu baik moril maupun materiil guna memulihkan kondisi diatas. Tutup BHS

Bagikan

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email

Berikan Komentar

Tinggalkan komentar

BERITA TERBARU

BERITA TERKAIT