Rahmat Muhajirin Ajak Pelaku UMKM Sosialisasikan Empat Pilar Kebangsaan

Rahmat Muhajirin Ajak Pelaku UMKM Sosialisasikan Empat Pilar Kebangsaan

SIDOARJO, Fraksigerindra.id — Sosialisasi empat pilar kebangsaan terus dilakukan. Program dari MPR RI tersebut merupakan pembelajaran bersama masyarakat untuk mengerti apa itu Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika, agar terwujud kesadaran masyarakat tentang kehidupan berbangsa dan bernegara.

Kali ini, 4 Pilar Kebangsaan disosialisasikan oleh anggota MPR RI Fraksi Gerindra  H Rahmat Muhajirin SH pada pelaku UMKM wanita yang bergerak di bidang kuliner Sidoarjo di kantor Rahmat Center, Sabtu (20/11/2021). Nilai-nilai luhur Pancasila baru bermakna jika diimplementasikan dalam kehidupan riil, termasuk dalam entitas bisnis.”Berbisnis dengan nilai Pancasila berarti berbisnis dengan jujur, menguntungkan, memberi manfaat bagi banyak orang dan menyejahterakan masyarakat. Pada akhirnya dapat mengokohkan ketahanan ekonomi Indonesia,” ujar H Rahmat Muhajirin SH, anggota DPR RI Fraksi Partai Gerindra.

Kegiatan ini dihadiri oleh 150 peserta yang merupakan kumpulan UMKM utamanya wanita di Kabupaten Sidoarjo. Dalam kegiatan itu, Rahmat Muhajirin menegaskan akan membangun gedung ruang pamer guna memfasilitasi pelaku UMKM memamerkan produknya ke masyarakat. “Doakan saya sehat dan bisa meneruskan perjuangan ini untuk membantu para pengusaha UMKM bangkit dan berjaya dalam membesarkan usahanya,” ujar Rahmat Muhajirin.

Dalam dialog dengan pelaku UMKM, Rahmat Muhajirin menerima keluhan dari seorang ibu produsen makanan yang merasa keberatan dengan tarif perpanjangan sertifikat halal yang mencapai Rp 3 juta lebih. “Kami berharap ada diskon 50 persen karena nilai segitu amat berat dalam kondisi pandemi saat ini,” ujarnya.

Atas keluhan tersebut, Rahmat Muhajirin akan memperjuangkan dengan instansi terkait yakni MUI atau Depag.

Menurut Rahmat Muhajirin, peran pengusaha dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional sangat penting. Oleh karena itu, lanjut Rahmat Muhajirin, kita membutuhkan para pengusaha UMKM yang cerdas membaca zaman, kreatif melakukan terobosan, dan berintegritas.”Kita juga inginkan para pelaku UMKM yang peduli pada para pekerjanya. Bukankah Rasulullah memerintahkan untuk membayar upah pekerja sebelum kering keringatnya?” tanya Rahmat Muhajirin retoris.

“Itulah sebabnya mengapa saya menganggap penting menyosialisasikan nilai-nilai empat pilar yang selaras dengan nilai-nilai Islam di kalangan pelaku UMKM di Kabupaten Sidoarjo,” katanya.

Jangan hanya memanjakan pengusaha konglomerasi dengan alasan menggenjot investasi. Harus ada upaya memberi kemudahan pada pelaku UMKM atau start up lainnya. Berikan pendampingan, berikan bantuan modal, berikan peningkatan skill agar mereka bisa scale up kehidupannya, tambahnya.

Legislator DPR dari dapil Surabaya-Sidoarjo ini mengajak masyarakat Sidoarjo dan sekitarnya, untuk bangkit dan menjadi wirausahawan. “Berbisnis itu sunnah rasul. Ada banyak jalan kebaikan di dalamnya. Maka jadilah pengusaha yang jujur, adil dan amanah,” tutur Rahmat Muhajirin.

Anggota Komisi II DPR RI ini berpesan agar pelaku UMKM sebagai tulang punggung perekonomian bangsa terus bergerak maju dan menyebarkan nilai-nilai kebangsaan kepada masyarakat.”UMKM sebagai pilar perekonomian bangsa yang telah terbukti mampu bertahan pada masa-masa sulit perlu didorong dan dikembangkan. Selain itu, kelompok-kelompok UMKM juga perlu terus diingatkan mengenai 4 pilar kebangsaan,” tuturnya.

Menurut Rahmat Muhajirin, hal ini penting dilakukan, sebab melalui para pelaku UMKM nilai-nilai kebangsaan yang terkandung dalam 4 pilar kebangsaan dapat tersebar luas ke masyarakat.

Politisi Partai Gerindra ini mengatakan, UMKM memiliki jejaring yang kuat, sehingga menjadi sektor perekenomian yang dapat menyerap banyak tenaga kerja serta memiliki produk-produk yang mengedepankan kearifan lokal. “Melalui UMKM pula pesan-pesan penting yang terkandung dalam 4 pilar kebangsaan, Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, serta Bhinneka Tunggal Ika dapat tersebar luas kepada masyarakat,” tegasnya.

Bagikan

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email

Berikan Komentar

Tinggalkan komentar

BERITA TERBARU

BERITA TERKAIT