Masyarakat & Pelaku Usaha Minim Info, Hendrik Lewerissa: Pentingnya Sosialisasi Peran & CSR BUMN

Masyarakat & Pelaku Usaha Minim Info, Hendrik Lewerissa: Pentingnya Sosialisasi Peran & CSR BUMN

AMBON, Fraksigerindra.id — Badan Usaha Milik Negara (BUMN) adalah suatu badan usaha yang didirikan negara dalam bentuk Perusahaan Umum (Perum) dan Perseroan Terbatas (PT).

Perusahaan Umum dibentuk didirikan negara untuk melaksanakan penugasan dari negara guna mrnangani kegiatan tertentu yang terkait dengan kepentingan masyarakat tidak semata mata untuk mencari keuntungan.

Contohnya Perum ASDP, Perum Percetakan Negara dan lain sebagainya. Sedangkan Persero didirikan engan orientasi untuk mencari keuntungan, seperti PT. TELKOM, PT. PERTAMINA, PT. PELINDO, PT. Angkasa Pura, dan bank-bank negara.

BUMN juga adalah agen pembangunan (agent of development). Oleh karena itu banyak sekali program program CSR (Corporate Social Responsibility) atau tanggung jawab sosial perusahaan ditujukan untuk membantu masyarakat.

Anggota DPR RI dari Fraksi Gerindra Dapil Maluku, Hendrik Lewerissa menyatakan, bantuan CSR dari BUMN digilirkan dalam jumlah ratusan miliard setiap tahunnya.

“Bantuan CSR itu diperuntukan untuk sesuatu yang berguna bagi masyarakat baik berbentuk pembangunan fisik dan prasarana maupun kegiatan kegiatan pelatihan dan bantuan hibah kepada masyarakat,” ujar Lewerissa kepada masyarakat dan pelaku UMKM dalam kegiatan sosialisasi peran BUMN bagi masyarakat, Minggu (19/12).

Kepada pelaku usaha mikro, kecil dan menengah kata HL sapaan akrab Lewerissa, sebenarnya ada banyak program bantuan yang digulirkan pemerintah kepada masyarakat, namun minimnya sosialisasi mengakibatkan banyak anggota masyarakat yang tidak mengetahuinya.

Karena itu, kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk memberitahu masyarakat. Bahwa Bank Rakyat Indonesia (BRI), PT. Pegadaian, dsn PT. Permodalan Nasional Madani (PNM) seringkali membantu para pelaku UMKM untuk memperoleh bantuan pendanaan demi menggerakan usaha yang mereka geluti.

“Bantuan tersebut berupa pemberian pinjaman kepada masyarakat dengan persyaratan yang tidak memberatkan. Dstang saja ke BRI, Pegadaian, dan ke PNM dan bertanya kepada mereka terkait fasilitas dimaksud,” tukasnya.

Dalam kegiatan sosialisasi yang akan datang, ketua DPD Gerindra Provinsi Maluku itu berjanji akan hadirkan para pimpinan bank, dari pegadaian dan PNM untuk memaparkan kepada masyarakat terkait program-program CSR tersebut.

Bagikan

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email

Berikan Komentar

Tinggalkan komentar

BERITA TERBARU

BERITA TERKAIT