Elnino Husein: PPPK 2021 Tidak Berpihak Kepada Guru Honorer

Elnino Husein: PPPK 2021 Tidak Berpihak Kepada Guru Honorer

JAKARTA, Fraksigerindra.id — Anggota Komisi X DPR RI Elnino M Husein Mohi mengkritisi hasil seleksi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) 2021 karena tidak berpihak kepada guru honorer.

Terutama guru honorer usia tua yang sudah lama mengabdi. “Pengumuman hasil seleksi guru PPPK tahap pertama dan kedua akhirnya blunder,” tulis Elnino melalui layanan pesan pada Senin (20/12).

Legislator Fraksi Partai Gerindra itu mengatakan rekrutmen PPPK 2021 memiliki niat mulia demi mengangkat derajat para guru honorer.

Namun, sebagian guru honorer justru kesulitan untuk bisa lolos pada seleksi PPPK. Hal itu disebabkan faktor umur, kemampuan pribadi tentang komputerisasi, hingga tidak terbiasa dengan soal-soal yang diujikan.

Elnino juga menyoroti minimnya afirmasi atau nilai tambahan bagi guru honorer berusia di atas 35 tahun peserta seleksi PPPK. “Dalam rekrutmen PPPK tahap I dan II, afirmasi itu diberikan oleh negara sangat minim, sehingga para guru honorer itu kalah bersaing dengan anak muda,” ungkap Elnino.

Legislator Daerah Pemilihan Gorontalo itu mengatakan para guru honorer yang sudah mengabdi belasan, bahkan puluhan tahun, mestinya bisa diangkat menjadi PPPK tanpa tes.

Toh, kata dia, para guru honorer sudah berpengalaman mendidik murid. “Kalau pun tetap harus tes seperti kemauan Kemendikbud, afirmasi terhadap mereka (guru honorer, red) semestinya lebih besar, yang memperbesar peluang mereka lulus tes,” ujar Elnino.

Bagikan

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email

Berikan Komentar

Tinggalkan komentar

BERITA TERBARU

BERITA TERKAIT