Khilmi: Kehadiran BUMN Ultra Mikro Sangat Dibutuhkan Pelaku UMKM

Khilmi: Kehadiran  BUMN Ultra Mikro  Sangat Dibutuhkan Pelaku UMKM

GRESIK, Fraksigerindra.id  —  Kehadiran BUMN ultra mikro menjadi solusi bagi para pelaku bisnis Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk mencari solusi permodalan. Hal tersebut disampaikan oleh Anggota Komisi VI DPR RI Khilmi, dalam memberikan arahan sosialisasi pembentukan usaha BUMN Mikro di Gresik/2/6/2021.

“Harapan saya dengan adanya pinjaman untuk pelaku UMKM, mereka bisa mendapatkan pinjaman modal hingga Rp 10 juta. Sehingga mereka akan terhindar dari jerat rentenir,” jelas Khilmi.

Sosialisasi kehadiran BUMN Ultra Mikro sangat penting,karena tidak banyak para pelaku usaha UMKM ini mengetahui ada lembaga yang bisa membantu permodalan.

“ Hari ini kita di Gresik memberikan informasi dan sosialisasi pembentukan BUMN Ultra Mikro. Banyak usaha yang terkena pandemi covid 19, mudah–mudahan nanti BUMN Mikro bisa membantu permodalan,” tambahnya.

khilmi

Sosialiasi BUMN Ultra Mikro ini bertujuan memajukan usaha mikro di Indonesia, dengan memperluas jangkauan memperdalam layanan, dan memperdayakan masyarakat secara berkelanjutan.

Segmen mikro dan ultra mikro saat ini menyumbang sekitar 64% dari jumlah usaha di Indonesia, namun belum menjadi target utama dari sebagian besar lembaga keuangan formal.
Hanya BRI, Pegadaian, dan PNM yang memiliki model bisnis khusus untuk menyasar segmen mikro dan ultra Mikro.

Disamping itu Ekosistem Ultra Mikro akan membantu bisnis Pegadaian dan PNM lebih berkelanjutan dan bermanfat bagi masyarakat kecil untuk penurunan bunga pinjaman kepada nasabah.
Dengan kolaborasi BUMN (BRI-Pegadaian_PNM) maka peran masing-masing entitas tidak hanya mempertahankan namun saling memperkuat. Peran pemberdayaan awal tetap dilakukan oleh PNM untuk membantu kelompok masyarakat Pra sejahtera agar memiliki usaha dan menjadi wirausahawan yang mandiri.

Sedangkan BRI dan Pegadaian akan melanjutkan peran pemberdayan PNM melalui peningkatan kapabilitas dan pengembangan usha dengan produk dan layanan keuangan lainnya lebih luas.

Wakil Ketua DPRD Gresik, Nur Saidah yang hadir menyampaikan apresiasi atas kegiatan sosialiasi. “ Adanya sosialiasi mendekatkan pelaku bisnis UMKM di Gresik dengan BUMN yaitu BRI, Pegadaian dan PNM. Semoga sosialisasi ini bermanfaat bagi seluruh anggota ultra mikro dan mikro bisa berlanjut dengan baik,”ungkapnya.

Bagikan

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email

Berikan Komentar

Tinggalkan komentar

BERITA TERBARU

BERITA TERKAIT