Endang Thohari Minta KKP Buka Peluang Kerja Sama Kelola Sisa Hasil Pengolahan

Dukung Sikap Pemerintah RI, Endang Thohari Kecam Serangan Israel Terhadap Palestina

JAKARTA, Fraksigerindra.id — Anggota DPR RI Fraksi Gerindra Endang Setyawati Thohari meminta Kementerian Kelautan untuk membuka peluang kerja sama dengan perguruan tinggi dalam rangka hasil akhir dari sisa pengolahan ikan maupun udang. Hal ini diungkapkannya dalam Rapat Kerja dengan Menteri Kelautan dan Perikanan, di Gedung Nusantara, Senayan, Jakarta, Kamis (22/9/2022).

“Di konsumsi akhir pak, banyak sekali potensi-potensi yang bisa dikembangkan dan saya sudah beberapa kali mengajukan proposal yang dihasilkan oleh perguruan tinggi untuk mengelola hasil akhir yang tidak terkonsumsi oleh masyarakat. Sisa-sisa dari pengolahan ikan dan udang itu bisa dimanfaatkan,” ujar legislator daerah pemilihan (dapil) Jawa Barat III.

Anggota Komisi IV DPR RI itu menguatkan bahwa dengan hasil penelitian dari para akademisi di perguruan tinggi, maka pengelolaan sisa akhir pengolahan ikan dan udang yang tidak dapat lagi dikonsumsi oleh masyarakat bisa diolah sedemikian rupa menjadi produk yang memiliki peluang ekspor. Endang menyayangkan dari beberapa proposal yang sempat dilayangkan pada KKP, belum ada tindak lanjut dari kementerian tersebut.

“Jadi tidak hanya berupa terasi saja pak. Karena terasi itu kan selalu konotasinya terlalu ke arah domestik. Nah ini bisa diekspor ke luar negeri. Saya sudah berapa kali mengajukan proposal yang dihasilkan beberapa perguruan tinggi, tapi belum pernah ada tindak lanjut. Mudah-mudahan Pak Dirjen yang baru ini bisa memanggil teman-teman di perguruan tinggi karena mereka idle ini pak kalau hasil-hasil penelitiannya tidak digunakan,” tambahnya.

Bagikan

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Email

Berikan Komentar

Tinggalkan komentar

BERITA TERBARU

BERITA TERKAIT