Survei Spin: Prabowo Subianto Paling Pantas Lanjutkan Program Jokowi

Survei Spin: Prabowo Subianto Paling Pantas Lanjutkan Program Jokowi

JAKARTA, Fraksigerindra.id — Menteri Pertahanan yang juga Ketua Umum DPP Partai Gerindra, H. Prabowo Subianto dinilai sebagai sosok yang paling tepat meneruskan program pembangunan pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Hal ini setidaknya berdasarkan survei lembaga riset Survei & Polling Indonesia (Spin) yang dirilis pada Senin (14/2/2022).

Direktur SPIN, Igor Dirgantara mengatakan, dalam survei yang dilakukan, pihaknya pertama mengukur tingkat kepuasan publik terhadap kinerja pemerintah saat ini. Dari risetnya itu, mayoritas masyarakat merasa puas dengan kinerja pemerintahan Presiden Jokowi.

“Hasil survei menunjukkan ada sebesar 60,8 persen publik menilai seperti itu. Sementara sebagian kecil atau 13,7 persen menilai tidak memuaskan dan ada 20,1 persen yang menyatakan biasa saja,” kata Igor.

Setelah mengukur tingkat kepuasan, SPIN pun bertanya kepada para responden yang dilibatkan mengenai penilaian mereka terhadap arah pembangunan yang saat ini dijalankan oleh pemerintah. Mayoritas responden menilai arah pembangunan yang sudah berjalan saat ini perlu untuk dilanjutkan. Sebanyak 51,5 persen responden menyebutkan arah pembangunan nasional perlu dilanjutkan. Kemudian, sebanyak 17,4 persen responden meminta tetap dilanjutkan tetapi secara bersyarat, yakni perlu ada perubahan-perubahan. Sementara ada 30,3 persen yang menyatakan agar arah pembangunan perlu diganti.

“Publik kemudian menilai arah pembangunan nasional yang telah sedang dijalankan pemerintahan Jokowi-Maruf 2021 yang lalu perlu terus untuk dilanjutkan oleh pemerintahan periode hasil Pemilu 2024 yang akan datang,” kata Igor.

Terkait aspek arah pembangunan yang ingin dilanjutkan itu, mayoritas responden menjawab bansos, ketahanan pangan serta modernisasi alutsista menjadi hal yang perlu dilanjutkan.

“Sebagian besar berpendapat bidang sosial (bansos) 55,5 persen, ketahanan pangan 52,6 persen, dan modernisasi alutsista 50,9 persen,” katanya.

Selain itu, program sertifikat hak milik (SHM) tanah atau agraria dinilai 45,1 persen responden perlu dilanjutkan; kebebasan beragama 42,3 persen; infrastruktur 40,5 persen perlu dilanjutkan dan oleh karenanya menjadi prioritas utama.

Sementara yang menjawab terus dilanjutkan dengan beberapa perbaikan ditempati oleh bidang ketenagakerjaan 42,6 persen, penyempurnaan penanganan Covid-19 sebanyak 40,1 persen dan pemindahan IKN 28,1 persen serta bidang politik dan hukum atau demokrasi dan HAM sebesar 29,9 persen.

Menariknya, ketika ditanya siapa yang paling pantas meneruskan arah pembangunan pemerintahan sekarang, mayoritas responden menjawab Prabowo Subianto sebagai sosok yang paling tepat.

“Sebagian besar publik atau sekitar 20,1 persen menjawab Prabowo; Anies Baswedan 11,5 persen; Ridwan Kamil 10,3 persen; Ganjar 9,8 persen dan seterusnya,” katanya.

Menurut Igor, Prabowo dinilai pantas karena konsistensinya dalam menjalankan program-program Presiden Jokowi, terutama di bidang pertahanan dan bidang terkait lainnya.

“Secara personal juga Prabowo terlihat telah matang dan penuh pengalaman terkait pemerintahan,” kata Igor.

Survei ini dilakukan SPIN pada 31 Januari hingga 11 Februari 2022 dengan melibatkan 1.230 responden yang tersebar di 34 provinsi di seluruh Indonesia dengan cara tatap muka dibantu lembaran kuesioner. Survei ini menggunakan metode probability sampling dan multistage random sampling dengan Margin of Error (MoE) kurang lebih 2,8 persen serta tingkat kepercayaan 95 persen.

Bagikan

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email

Berikan Komentar

Tinggalkan komentar

BERITA TERBARU

BERITA TERKAIT