Sudewo: Indonesia Darurat Kecelakaan Lalu Lintas

Sudewo: Indonesia Darurat Kecelakaan Lalu Lintas

JAKARTA, Fraksigerindra.id — Anggota Komisi V DPR RI, Sudewo menegaskan bahwa Indonesia sudah masuk kedalam darurat Kecelakan Lalu Lintas. Dimana kecelakaan yang berakibat fatal pun hampir satu semester tahun 2022 sering terjadi. Korbannya juga banyak baik jiwa atau harta, ujarnya

Dimana sebelumnya, Kecelakaan tronton di perempatan Simpang Muara Rapak, Balikpapan, Kalimantan Timur, kecelakaan bus pariwisata di Jalan Tol Mojokerto-Surabaya, kecelakaan truk di Jalan Lingkar Alas Roban, Kabupaten Batang dan kemarin (31 Mei 2022) terjadi di Jl. Ir. Sutami, Way Laga, Sukabumi di Lampung.

“Pemerintah jangan diam saja. melakukan langkah-langkah konkret agar kecelakaan lalu lintas tidak terjadi lagi ke sana”, ujarnya dalam keterangannya kepada Fraksigerindra.id Kamis (2/6).

Pokok masalah kecelakaan lalu lintas harus diketahui dan dicarikan solusi yang tepat. Menurut hemat saya, penyelesaiannya harus detail, komprehensif dan semua pemangku kepentingan terkait yang saling sinergis.

Penyebab kecelakaan di antaranya: masalah pengemudi yang lelah/capek, pengemudi yang kurang kompeten, masalah ketidaklayakan kendaraan, masalah teknis kendaraan, rambu-rambu keselamatan jalan dan masalah geometri jalan, standar upah pengemudi.

Intinya, semua faktor penyebab terjadinya kecelakaan harus teliti secara detail.

Saya minta pemerintah, dalam hal ini KNKT (Komite Nasional Keselamatan Transportasi) yang saat ini menjadi satu satunya institusi yang melakukan kecelakaan transportasi secara menyeluruh dapat meningkatkan penelitian menjadi pemimpin dalam mengurai faktor-faktor yang menjadi penyebab kecelakaan serta memicu fatalitas.

Investigator KNKT dipilih secara khusus dari berbagai disiplin ilmu dan kompetensi, mewakili unsur praktisi, pegawai dan pegawai. Sehingga, dalam bekerjanya profesionalitas dan independensi.

Masing-masing institusi yang bertanggung jawab di sektor transportasi tidak bisa berjalan sendiri-sendiri, harus bersinergi dan berdasarkan pada temuan hasil investigasi sehingga mitigasi dan program yang disusun efektif dan efisien untuk menurunkan angka kecelakaan maupun fatalitas.

Untuk itu, Pemerintah harus memastikan agar setiap rekomendasi yang dikeluarkan KNKT dijalankan oleh setiap pemangku kepentingan dengan baik dan benar, tutup Politisi Gerindra ini

Bagikan

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email

Berikan Komentar

Tinggalkan komentar

BERITA TERBARU

BERITA TERKAIT