Soal Kerja Sama Garuda dan Emirates, Andre Rosiade Apresiasi Langkah Menteri BUMN Erick Thohir

Andre Rosiade Minta Mendag Bentuk Satgas untuk Awasi Smelter Tiongkok

JAKARTA, Fraksigerindra.id — Anggota Komisi VI DPR RI Andre Rosiade mengapresiasi Menteri BUMN Erick Thohir atas kerja sama antara Garuda Indonesia dengan Emirates. Menurutnya, kerja sama tersebut dapat mengakomodir kebutuhan penumpang untuk ke luar negeri, sehingga Garuda Indonesia bisa lebih fokus di rute domestik.

Diketahui, penandatanganan kerja sama antara Garuda Indonesia dengan Emirates dilakukan di Dubai, UEA, Rabu (3/11). Perjanjian dalam bentuk code sharing tersebut menyatakan bahwa pelanggan Garuda tetap bisa menjelajahi rute internasional lewat maskapai Emirates.

“Kita mengapresiasi terobosan kerja sama yang dilakukan oleh Kementerian BUMN berkaitan dengan sinergi antara Garuda dan Emirates. Agar penumpang Garuda bisa tetap ke luar negeri, melalui Emirates, sehingga Garuda bisa fokus ke domestik,” ujar Andre dalam keterangan tertulis, Jumat (5/11/2021).

Ketua DPD Gerindra Sumbar ini menilai apa yang dilakukan pemerintah dalam kesepakatan ini merupakan ikhtiar lain, di samping upaya menangani persoalan utang Garuda Indonesia.

“Jadi di samping memikirkan mengenai restrukturisasi hutang-hutang, dan juga negosiasi dengan lessor, pemerintah saya lihat tetap memikirkan ekspansi bisnis Garuda. Langkah yang dilakukan Pak Erick Thohir ini menunjukkan pemerintah ingin tetap Garuda eksis, dan ingin tetap bisa selamat,” kata Andre.

Berkaitan dengan Garuda, Andre juga memastikan dia dan Fraksi Gerindra yang ada di Komisi VI DPR siap pasang badan demi menyelamatkan Garuda Indonesia. Hal ini sesuai dengan arahan Ketua Umum (Ketum) Partai Gerindra, Prabowo Subianto yang meminta partainya berjuang menyelamatkan maskapai nasional tersebut.

“Fraksi Gerindra di Komisi VI DPR yang bermitra dengan Kementerian BUMN dan seluruh BUMN termasuk Garuda, siap pasang badan melaksanakan perintah Prabowo untuk menyelamatkan Garuda Indonesia. Apapun yang terjadi, sesuai arahan Pak Prabowo, kami di Komisi VI siap melaksanakan instruksi bahwa Garuda harus diselamatkan,” tuturnya.

Selain itu, Andre mengatakan fraksinya juga mendesak pemerintah dan Manajemen Garuda agar fokus mencari solusi terbaik. Pemerintah, kata Andre, harus solid seiya sekata agar Garuda bisa diselamatkan.

“Apa maksud solid itu? Yaitu bukan hanya Manajemen Garuda dan Menteri BUMN saja yang menyelamatkan Garuda, tapi juga kementerian lain seperti Kementerian Keuangan harus juga ikut serta punya semangat sama menyelamatkan Garuda,” tandasnya.

Bagikan

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email

Berikan Komentar

Tinggalkan komentar

BERITA TERBARU

BERITA TERKAIT