JAKARTA, Fraksigerindra.id — Anggota DPR RI Novita Wijayanti menilai kehadiran para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) memiliki peran penting dalam pertumbuhan ekonomi nasional. Hal itu disampaikan Novita Novita usai menghadiri acara Peringatan Hari Pers 2024 ‘UMKM Fest: Wartawan Peduli UMKM’, di Gedung DPR RI, Senayan, Selasa (5/3/2024).

“Acara (UMKM Fest) ini tentunya menjadi wadah yang tepat bagi berbagai aktifitas kemasyarakatan yang positif dan produktif. Dan juga jadi salah satu upaya dalam mendorong eksistensi para pelaku UMKM di tanah air,” ujar Novita.

Dikatakan Politisi Fraksi Partai Gerindra ini, keberadaan UMKM di tanah air harus terus diperhatikan dengan terus meningkatkan kualitas yang berdaya saing terlebih di tengah perkembangan era digitalisasi saat ini.

 

“Karenanya, diperlukan kehadiran negara untuk mendukung ‘naik kelasnya’ UMKM kita. Dan tentunya kami di Parlemen akan terus mendorong pemerintah untuk ikut serta dalam percepatan dari soal kemudahan perizinan, bantuan modal hingga promosi di pasar domestik maupun internasional,” papar Politisi Fraksi Partai Gerindra ini.

Sehingga, tandas Legislator Dapil Jawa Tengah VIII tersebut, diharapkan dengan adanya UMKM yang berdaya saing tanggung, akan memberikan dampak besar pada pertumbuhan ekonomi nasional bangsa ini.

“UMKM memiliki peran penting dalam menggerakkan sektor industri, menghasilkan inovasi, dan memperluas pangsa pasar, yang semuanya berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi nasional secara keseluruhan,” tandas Wakil Ketua BURT ini.

“Dan sebagai tulang punggung ekonomi, UMKM juga diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan terhadap penciptaan lapangan kerja, pertumbuhan ekonomi lokal, dan distribusi pendapatan yang lebih merata,” tambahnya.

Oleh karena itu, kata Novita, pembangunan dan pemberdayaan UMKM harus menjadi prioritas dalam kebijakan ekonomi untuk mencapai pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dan inklusif.

Show Comments (0)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *