Home - Kutipan Media - Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Minta Polisi Usut Kasus 279 Juta Data Penduduk RI Bocor

Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Minta Polisi Usut Kasus 279 Juta Data Penduduk RI Bocor

Kunjungi Polda Banten, Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Diskusi Terkait Upaya Dalam Cegah Paham Radikalisme

JAKARTA, Fraksigerindra.id — Wakil Ketua DPRRI Sufmi Dasco Ahmad meminta polisi segera mengusut kasus sebanyak 279 juta data bocorpenduduk Indonesia dan dijual di forum peretas Raid Forums pada 12 Mei 2021.

Menurutnya, pihak terkait juga harus segera melakukan langkah pencegahan agar kasus tersebut tidak merugikan banyak masyarakat.

“Saya minta segera aparat penegak hukum untuk melakukan penyelidikan dan melalukan tindakan preventif secepatnya agar hal tersebut tidak merugikan masyarakat banyak,” kata Dasco kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta pada Jumat (21/5).

Ketua Harian DPP Partai Gerindra itu mengaku menyayangkan kebocoran data itu. Ia menyatakan, kerahasiaan data seseorang merupakan hal yang penting dan seharusnya tak jatuh ke tangan orang yang tak berwenang.

Sebelumnya, 279 juta data penduduk Indonesia diduga bocor dan dijual di forum peretas Raid Forums pada 12 Mei 2021.  Data itu diunggah oleh akun bernama kotz. Dalam deskripsinya, data yang dimilikinya itu terdiri dari nama lengkap, KTP, nomor telepon, email, NID, dan alamat.

Akun itu juga memberikan 1 juta data sampel secara gratis untuk diuji dari 279 juta data yang tersedia. Bahkan, akun itu menyebut ada 20 juta data foto pribadi di dalam data yang dimilikinya itu.

Bagikan:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email