HUT ke 77 DPR RI, Novita Wijayanti: Momentum Menuju Parlemen Modern

HUT ke 77 DPR RI, Novita Wijayanti: Momentum Menuju Parlemen Modern

JAKARTA, Fraksigerindra.id — Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Gerindra Novita Wijayanti mengatakan di usia DPR RI ke 77 tahun yang diperingati pada 29 Agustus harus menjadi momentum refleksi perbaikan dan peningkatan terhadap kualitas kerja-kerja kedewanan.

Novita berpandangan bahwa sebagai lembaga legislatif yang memiliki tugas pokok dan fungsi, membuat legislasi, melakukan pengawasan, dan budgeting perlu terus berinovasi, terlebih di tengah era digitalisasi seperti ini.

“Di era digitalisasi, wawasan kebangsaan terhadap kerja kedewanan harus terus ter-update dan terpublikasikan, agar rakyat yang mempercayakan perwakilannya kepada kita (dewan) dapat terus merasakan manfaat dari setiap keputusan politik yang diambil,”kata Novita kepada awak media, di Jakarta, Rabu (31/8/2022).

Salah satunya, sambung Novita, keterbukaan dan pemanfaatan teknologi informasi terhadap apapun yang dikerjakan para legislator dapat diketahui oleh publik yang dikehendaki, tanpa harus lagi mendatangi gedung DPR RI.

novita2

“Sehingga, cita-cita untuk menuju parlemen yang modern pun dapat tercapai, dengan kian terbukanya kinerja para dewan dapat diketahui secara mudah oleh para konstituennya di daerah pemilihan (Dapil) nya masing-masing,” papar legislator dari Dapil Banyumas-Cilacap, Jawa Tengah tersebut.

Tidak hanya itu, Novita berharap dengan kian terbukanya informasi kepada publik, kian menghapus stigma atau kesan bahwa kinerja parlemen selalu tertutup.

“Kita perlu memperbaiki wajah parlemen ini agar tidak lagi kemudian di stigma negatif, lantaran publik yang tidak dapat maupun sulit mengakses kerja dewan, baik dalam rapat komisi maupun alat kelengkapan dewan (AKD),” pungkas wakil ketua BURT DPR RI ini.

Bagikan

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Email

Berikan Komentar

Tinggalkan komentar

BERITA TERBARU

BERITA TERKAIT