Guru Besar Hukum Internasional UI: Langkah Prabowo Sudah Sejalan dengan Jokowi

Menhan Prabowo Usulkan Lima Saran untuk Resolusi Konflik Rusia-Ukraina di IISS Shangri-La Singapura

JAKARTA, Fraksigerindra.id — Guru Besar Hukum Internasional dari Universitas Indonesia, Hikmahanto Juwana mengatakan usulan solusi perdamaian Rusia-Ukraina yang diungkap Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto beberapa waktu lalu, sudah sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo.

Ia merinci, sikap Indonesia yang disampaikan Prabowo jelas bahwa dukungan selalu mengarah pada perdamaian dunia.

“Sampai sini sebenarnya yang disampaikan oleh Pak Prabowo konsisten dengan apa yg disampaikan oleh bapak Presiden,” kata Hikmahanto dalam siaran YouTube CNBC Indonesia.

Selain itu, Hikmahanto mengatakan pernyataan Prabowo dalam forum internasional itu tegas menyampaikan posisi Indonesia yang netral pada kedua negara.

“Kita tidak dalam posisi sebagai hakim yang menentukan, siapa yang benar, siapa yang salah,” jelasnya.

Ia juga memandang, pernyataan Prabowo itu lebih menuju konteks kemanusiaan. Paparannya tentang imbas perang yang menyakiti manusia dinilai Hikmahanto sebagai upaya tepat.

“Beliau menjelaskan bagaimana perang itu menyengsarakan umat manusia, maka perang itu harus dihentikan” ujar Hikmahanto.

“Bahwa yang terpenting adalah menghentikan perang tanpa membenarkan atau menyalahkan salah satu pihak. Jadi ini sudah tepat menurut saya,” tutup dia.

Prabowo Subianto sebelumnya mengutarakan resolusi konflik Rusia-Ukraina di Shangri-La Dialogue 2023, Sabtu (3/6). Salah satu upaya damai yang ia usulkan adalah gencatan senjata dan menyudahi perang antar keduanya.

Bagikan

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Email

BERITATERKAIT

Berikan Komentar

Tinggalkan komentar

BERITA TERBARU

BERITA TERKAIT