JAKARTA, Fraksigerindra.id — Anggota Komisi VIII DPR RI Yan Permenas Mandenas menybut Papua sebagai daerah yang mendapat perhatian cukup besar dari pemerintah. Yan berkomitmen terus mendorong penyaluran bantuan secara berkesinambungan untuk masyarakat Papua, mengingat alokasi anggaran di Kementerian Sosial (Kemensos) cukup besar.

“Papua merupakan salah satu daerah yang mendapatkan perhatian cukup besar dari pemerintah, melalui Kemensos dan DPR, karena Papua merupakan daerah 3T atau Tertinggal, Terdepan dan Terluar,” ujar Yan (Minggu, 26/11/2023).

Kemensos RI bersama dengan Komisi VIII DPR RI memberikan bantuan sosial (bansos) senilai Rp 201 miliar kepada masyarakat, di Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial (BBPPKS), di Tanah Hitam, Kota Jayapura, Papua, Pada Sabtu, 25 November 2023.

Yan menjelaskan, penyerahan bantuan sosial ini dilakukan secara simbolis. Selanjutnya tim teknis di lapangan akan mendistribusikan barang ke masyarakat.

“Jadi, tadi hanya penyerahan secara simbolis, nanti petugas di lapangan bersama dinas sosial tingkat provinsi, kabupaten dan kota yang mendistribusikan langsung,” kata Yan.

Tidak hanya bantuan sosial, Yan juga berharap pemerintah pusat membangun rumah sehat untuk masyarakat Papua. Berdasarkan pengalaman di lapangan, Yan menyimpulkan, masyarakat Papua sangat membutuhkan rumah sehat.

“Saya banyak berkeliling Papua termasuk daerah rawan konflik. Dari hasil berkeliling, saya menyimpulkan masyarakat Papua banyak membutuhkan rumah sehat karena rumah saat ini menjadi kebutuhan dasar,” ujarnya.

“Berdasarkan data 1 rumah di Papua rata-rata diisi oleh 5 Kepala Keluarga (KK). Untuk itu agar rumah sehat lebih banyak dan cepat terbangun selain Kemen-PUPR, saya berharap kementerian lain juga ikut membantu sesuai tupoksinya masing-masing.” sambung Yan.

 

Show Comments (0)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *