Prabowo Terima Penghargaan Militer Tertinggi dari Pemerintah Singapura, Darjah Utama Bakti Cemerlang

Prabowo Terima Penghargaan Militer Tertinggi dari Pemerintah Singapura, Darjah Utama Bakti Cemerlang

SINGAPURA, Fraksigerindra.id — Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto menerima penghargaan Darjah Utama Bakti Cemerlang (Tentera) yang merupakan penghargaan militer tertinggi dari pemerintah Singapura, Selasa (21/11).

Prabowo tiba di Istana Kepresidenan Singapura pukul 12:30 waktu setempat. Kedatangan Prabowo disambut langsung oleh Menhan Ng Eng Hen dengan upacara jajar kehormatan.

Penganugerahan tersebut diberikan langsung oleh Presiden Singapura, Tharman Sanmugaratnam kepada Prabowo di Istana Kepresidenan Singapura.

“Sebagai pengakuan atas kontribusinya yang luar biasa dalam memperkuat hubungan pertahanan yang sangat baik antara Indonesia dan Singapura,” ujar protokol Istana Kepresidenan Singapura dalam rangkaian upacara itu.

Istana Kepresidenan Singapura mengatakan di bawah kepemimpinan Prabowo sebagai menhan, Perjanjian Kerja Sama Pertahanan kedua negara telah diratifikasi. “Hal ini merupakan tonggak penting dalam hubungan pertahanan bilateral.”

Selain memperkuat hubungan pertahanan strategis antar kedua negara, Perjanjian Kerja Sama Pertahanan akan memungkinkan kerja sama dan interaksi yang lebih erat antara TNI dan angkatan bersenjata Singapura.

Adapun, Prabowo dinilai pemerintah Singapura layak menerima penghargaan tersebut lantaran keberhasilannya melakukan kolaborasi yang erat meski dilanda Pandemi Covid-19 beberapa waktu silam.

“Yang Mulia Prabowo Subianto juga mengarahkan kolaborasi yang lebih erat antara kedua lembaga pertahanan dalam beberapa tahun terakhir, meskipun ada pandemi COVID-19,” kata Istana Kepresidenan Singapura.

Selain itu, lembaga pertahanan dari kedua negara juga telah bekerja sama erat dalam upaya multilateral yang dipelopori oleh satu sama lain.

“Indonesia TNI dan Angkatan Bersenjata Singapura melaksanakan latihan-latihan utama seperti Latihan Safkar Indopura, Latihan Gabungan Minex Pandu, Manyar Indopura, Camar Indopura, dan Super Garuda Shield. Mereka juga berinteraksi secara teratur melalui kunjungan tingkat tinggi, pertukaran profesional, dan kehadiran bersama dalam kursus di semua Angkatan dan di semua tingkatan.”

Disampaikan pula oleh Istana Kepresidenan Singapura bahwa kondisi kerja sama pertahanan kedua negara sangat baik dan komitmen yang kuat untuk memajukan kerja sama di bidang-bidang baru yang menjadi kepentingan bersama ditegaskan dalam Pembaruan Bersama tentang Kerja Sama Pertahanan.

“Yang ditandatangani bersama oleh Yang Mulia Prabowo Subianto dan Menteri Pertahanan Singapura Dr Ng Eng Hen, serta disaksikan oleh Presiden Indonesia Yang Mulia Joko Widodo dan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong, dua negara pada bulan Maret 2023.”

Bagikan

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Email

BERITATERKAIT

Berikan Komentar

Tinggalkan komentar

BERITA TERBARU

BERITA TERKAIT