JAKARTA, Fraksigerindra.id — Anggota Komisi V DPR RI Novita Wijayanti menyampaikan rasa duka kepada para korban atas insiden tabrakan Kereta Api (KA) Turangga dengan KA 350 Commuterline Bandung Raya yang terjadi di jalur petak Stasiun Cicalengka – Haurpugur, Kabupaten Bandung, Jumat (5/1/2024) pagi tadi.

“Tentunya, rasa duka saya sampaikan kepada para korban dan keluarga atas insiden tabrakan kereta api Turangga dangan KA Lokal Bandung Raya yang terjadi pagi tadi,” ujar Novita, Jumat (5/1/2024).

Lebih lanjut, Politisi Fraksi Partai Gerindra tersebut meminta agar semua pihak terkait, terutama para petugas keselamatan untuk fokus melakukan evakuasi para penumpang. Novita juga mengingatkan, agar PT KAI terus menyampaikan informasi resmi perkembangan penanganan evakuasi kepada publik. Hal itu penting sebagaiupaya meminimalisir berkembangnya spekulasi atas kecelakaan tersebut.

“Sebab respons terhadap kecelakaan harus juga mencakup komunikasi yang efektif kepada publik. Memahami kekhawatiran dan pertanyaan masyarakat serta memberikan informasi secara berkala dapat membangun kepercayaan dan meminimalkan spekulasi,” ucap Legislator Dapil Banyumas-Cilacap, Jawa Tengah ini.

Tak hanya itu, Novita meminta pihak kerta api untuk melakukan penyelidikan menyeluruh atas peristiwa ini, termasuk mencari penyebab maupun faktor-faktor yang berkontribusi terhadap kecelakaan. Karenanya Ia meminta PT KAI bersama KNKT untuk segera mungkin menggelar investigasi bersama untuk mengetahui penyebab kecelakaan.

“Segera setelah kejadian, penyelidikan menyeluruh harus dilakukan untuk menentukan penyebab dan faktor-faktor yang berkontribusi pada kecelakaan. Yang nanti hasilnya dapat digunakan untuk memperbaiki kelemahan sistem dan mencegah kecelakaan serupa di masa depan,” pungkas Novita.

Sebagaimana diketahui, sebanyak tiga orang dikabarkan meninggal dan puluhan orang luka-luka dalam peristiwa tabrakan kereta api Turangga dengan KA Lokal Bandung Raya. Kecelakaan terjadi di jalur petak Stasiun Cicalengka-Haurpugur, di petak Jalan Haurpugur-Cicalengka, Kabupaten Bandung, Jumat (5/1/2024) pagi.

Berdasarkan data yang diterima dari Polda Jawa Barat, ada sebanyak 28 korban luka-luka yang saat ini telah di evakuasi ke RSUD Cicalengka. Sementara korban yang diduga meninggal dunia ada tiga orang, diantaranya Masinis KA KRD Lokal Padalarang Cicalengka bernama Julian Dwi Setiono.

Show Comments (0)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *